Pertumbuhan coffee shop atau kedai kopi di Indonesia sangat pesat sekali. Tidak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, ataupun Medan, kota-kota kecil pun sudah memiliki kedai kopi yang menjamur dengan pasar yang berbeda-beda. Mendengar kedai kopi pasti tidak luput juga dengan baristanya, atau seseorang yang bertugas untuk membuat minuman kopi. Namun, menjadi barista bukan berarti hanya membuat minuman kopi saja, melainkan juga harus mengerti layanan pelanggan juga. Untuk itu, dengan besarnya usaha kedai kopi di Indonesia, besar pula peluang untuk menjadi barista yang kompeten tidak hanya dalam membuat kopi tapi juga melayani pelanggan.
Peserta akan dilatih untuk memiliki pengetahuan tentang pelayanan minuman, sejarah dan pengetahuan dasar kopi, tentang hygiene dan sanitasi serta prosedur Kesehatan Covid-19, pengelolaan bahan baku, pengelolaan peralatan dan perlengkapan, pengelolaan area kerja, mengoperasikan peralatan, pemahaman menu, memahami frasa dan dalam berkomunikasi dengan pelanggan, menangani pelanggan, melakukan rekomendasi dan menangani keluhan, pembersihan lokasi/area dan peralatan, cara mengembangkan produk minuman kopi, keterampilan dalam teknik menjual, menangani situasi konflik, penggunaan Bahasa dan komunikasi lisan, perilaku sopan santun seorang barista, ketelitian serta ketepatan, dan cara menjadi barista yang baik. Pelatihan ini mempersiapkan peserta agar mampu terjun ke dunia pekerjaan, khususnya untuk jabatan seorang barista, baik di dalam sebuah restoran atau café yang terintegrasi dengan hotel, restoran atau café yang berdiri sendiri, dan usaha mandiri.
Tujuan Umum
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dapat menguasai keahlian-keahlian dasar yang diperlukan oleh seorang barista untuk penyediaan minuman kopi di sebuah restoran atau café yang terintegrasi dengan hotel, restoran atau café yang berdiri sendiri, dan usaha mandiri dengan baik.
Tujuan Khusus
1. Peserta mengetahui sistem layanan minuman, sejarah kopi, dan hygiene sanitasi di tempat kerja
2. Peserta mendemonstrasikan cara mengelola bahan baku.
3. Peserta mendemonstrasikan cara mengelola peralatan dan perlengkapan.
4. Peserta mendemonstrasikan cara mengelola area kerja.
5. Peserta mendemonstrasikan cara mengoperasikan peralatan.
6. Peserta mendemonstrasikan frasa bahasa dalam berkomunikasi dengan pelanggan
7. Peserta mendemonstrasikan komunikasi dengan pelanggan
8. Peserta mendemonstrasikan keahlian menawarkan dan merekomendasikan suatu produk kepada konsumen
9. Peserta mendemonstrasikan penanganan konflik/keluhan.
10. Peserta mendemonstrasikan cara menangani pelanggan.
11. Peserta mampu mengembangkan produk minuman produk kopi
12. Peserta memiliki sikap teliti, telaten, percaya diri dan sopan.
     – Pengetahuan Tentang pelayanan minuman di restoran atau cafe (berikut struktur organisasi)
Apa yang akan kamu pelajari?
Persyaratan
Course Features
- Lectures 34
- Quiz 0
- Duration 9 hours
- Skill level All levels
- Language English
- Students 8
- Assessments Yes
Curriculum
- 6 Sections
- 34 Lessons
- 10 Weeks
- PRE TEST0
- Pengetahuan tentang pelayanan minuman, dasar kopi, dan hygiene dan sanitasi2
- Sejarah dan Pengetahuan Dasar tentang Kopi Part 14
- Pengenalan tentang Kopi1
- Keterampilan menjadi Seorang Barista23
- 5.1Mengelola Bahan Baku Part 1
- 5.2Mengelola Bahan Baku Part 2
- 5.3Mengelola Bahan Baku Part 3
- 5.4Mengelola Peralatan dan Perlengkapan Part 1
- 5.5Mengelola Peralatan dan Perlengkapan Part 2
- 5.6Mengelola Peralatan dan Perlengkapan Part 3
- 5.7Mengelola Area Kerja Part 1
- 5.8Mengelola Area Kerja Part 2
- 5.9mengoperasikan Peralatan Part 1
- 5.10mengoperasikan Peralatan Part 2
- 5.11mengoperasikan Peralatan Part 3
- 5.12Memahami menu Part 1
- 5.13Memahami menu Part 2
- 5.14Memahami frasa bahasa dan berkomunikasi dengan tamu/pelanggan
- 5.15Menangani Pelanggan Part 1
- 5.16Menangani Pelanggan Part 2
- 5.17Menangani Pelanggan Part 3
- 5.18Memberikan rekomendasi dan Mengatasi keluhan Part 1
- 5.19Memberikan rekomendasi dan Mengatasi keluhan Part 2
- 5.20Memberikan rekomendasi dan Mengatasi keluhan Part 3
- 5.21Pembersihkan lokasi/area dan peralatan
- 5.22Mengembangkan Produk Minuman Produk Kopi
- 5.23Keterampilan menjadi Seorang Barista
- Sikap yang dibutuhkan untuk menjadi Seorang Barista4